Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tertawa

Banyak hal yang terjadi pada tubuh kita  ketika seseorang sedang tertawa, sudah sedari dulu banyak orang bilang kalau ketawa itu baik untuk kesehatan kita. Bahkan dokter dan peneliti pun sudah banyak yang telah membuktikannya.

Hanya dengan kita ketawa selama 15 menit saja itu sudah cukup baik manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita seperti dikutip dari Times of India.


Namun tahukah Anda semua apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika kita sedang  tertawa? Dikutip dari Huffington Post, berikut adalah efek ketawa bagi kesehatan tubuh mulai dari kepala kita sampai ujung kaki.

1. Kepala

Hormon stres bisa berkurang dengan tertawa. Tertawa ini bisa membantu Anda untuk meredakan stres dan juga menghilangkan rasa gelisah yang berlebihan sehingga tubuh Anda dapat meningkatkan mood positifnya. Endorphin yang dihasilkan pada saat seseorang sedang tertawa bisa membuat perasaan jauh lebih baik.



2. Membakar Kalori

Jangan kaget ya, ternyata tertawa yang terjadi secara spontan selama 10 - 15 menit saja dapat membantu Anda membakar 10-40 kalori perhari. Disamping itu efek baik dari tertawa yaitu untuk membantu mengatur dan juga mengoptimalkan leptin serta grehlin (hormon nafsu makan) sehingga Anda bisa lebih mengontrol kapan tubuh anda membutuhkan makanan. Tidak hanya nafsu ingin makan karena faktor emosional saja.


3. Daya tahan tubuh

Tertawa juga berfungsi untuk meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh. Disamping itu dapat juga berfungsi untuk mengaktifkan sel-sel pelindung tubuh, salah satunya yaitu T-cell yang dapat membunuh aktivitas sel tumor.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa infeksi yang terjadi didalam tubuh bisa diperangi dengan antibodi yang terjadi pada saat tertawa. Hal tersebut dikarenakan kadar oksigen yang meningkat pada saat seseorang sedang tertawa.

4. Jantung

Senior consultant di Indraprastha Apollo Hospitals, S.K Gupta mengungkapkan bahwa Tertawa adalah latihan untuk jantung dan juga paru-paru, Ketika seseorang tertawa, maka denyut jantung akan meningkat secara cepat dan juga saat seseorang tertawa otak jadi lebih rileks.

5. Rasa sakit

Ketika seseorang tertawa, tubuh akan melepaskan endorphin yang dikenal sebagai hormon bahagia. Pada saat hormon ini dilepaskan, maka seseorang jadi tidak terlalu merasakan rasa sakit pada luka ataupun rasa nyeri lainnya yang terjadi di tubuh mereka. Jadi dengan kita tertawa maka bisa mentolerasi rasa sakit. Tertawa memang tidak bisa menyembuhkan sakit kronis yang di dderita seseorang, namun tertawa ini bisa membatu untuk meringankan rasa sakit yang mereka derita.

Postingan terkait: