Membuat Pupuk Organik Dengan Mudah dari Kulit Nanas

Membuat Pupuk Organik Dengan Mudah dari Kulit Nanas - Suka buah nanas bukan?  heheheh samalah  kita, enak kalo dibuat rujak..!! Nanas adalah buah dengan bentuk  lonjong berduri namun memiliki rasa yang khas. Nanas biasa dijadikan Rujak dan manisan oleh sebagian orang.

Nah, selama ini kita hanya memakan isi dari buah nanas saja bukan, bagaimana dengan si kulit nanas nya? biasanya pasti  kita buang bukan? Tapi kalian harus tau Ternyata kulit nanas juga dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik loh. Mau tau gimana cara membuatnya ?? yuk disimak langkah-langkah kerja dibawah ini:

Beberapa hal yang tentunya perlu kita siapkan.

Alat dan bahan :
  1. Botol bekas air minum mineral
  2. Gula pasir
  3. Air
  4. Buah atau kulit nanas
  5. Bila perlu tambahkan EM4 sebagai dekomposer, Em4 ini bisa dibeli ditoko pertanian dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 20.000 per botol 1 liter.


Cara pembuatannya :
  1. Bersihkanlah botol bekas air mineral tadi dengan air, apalagi botol bekas yang bersoda maka harus benar-benar dibersihkan terlebih dahulu ya.
  2. Potonglah kecil-kecil  kulit nanas (atau lebih baik di blender) agar nantinya bisa masuk ke dalam botol dengan mudah.
  3. Masukkanlah gula pasir ke botol. Untuk ukuran 250 ml masukkan 1 sdm, tapi jika ukuran botolnya 1500 ml masukkan 2 sdm ya.
  4. Kocokkan air dan gula agar larut.
  5. Bila perlu tambahkan EM4 sebanyak 5 ml atau 1 tutup kemasan EM4.
  6. Kemudian Masukkan potongan kecil-kecil (blender) potongan kulit nanas tadi kedalam campuran air gula.
  7. Kemudian tambahkan air sampai batas leher dari botol tersebut. 
  8. Tutup rapat botol ini kurang lebih 7-10 hari.
  9. Setiap hari botol dibuka lalu ditutup kembali, untuk mengeluarkan gas yang terbentuk.


Manfaat dari pupuk cair dari kulit nanas ini ternyata dapat Menyuburkan tanaman-tanaman yang ada di rumah kita. Kulit nanas yang dijadikan media fermentasi mikroorganisme Bacillus ini nantinya akan menghasilkan enzim xylanase yang bermanfaat bagi tanaman tentunya. kulit nanas  ini juga merupakan bahan organik yang mengandung unsur-unsur kimia seperti magnesium, sodium, fosfor, sulfur yang dapat membantu penyuburan tanah dan tanaman.

Bukan hanya itu pupuk dari kulit nanas yang sudah difermentasi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran di Toilet atau closed manusia di septictank rumah kita loh. Jadi bakteri bakteri ini nantinya akan menguraikan kotoran manusia dan merubahnya menjadi cair dan membuat WC atau Closed kita tidak menyumbat lagi.

Baca juga:
sekian dulu artikel tentang Membuat Pupuk Organik Dengan Mudah dari Kulit Nanas. 
Semoga bermanfaat

Postingan terkait: