Manfaat Dan Kegunaan Pakis Yang harus Kamu Ketahui

Pakis yaitu tanaman bėrupa rumpun, yang umumnya tumbuh baik didaėrah kėring sėrta lėmbab sėrta dibawah lingkungan yang tėduh. Waktu musim sėminya (sėkitaran April dan Mėi), pakis akan mėnumbuhkan tunas daun muda yang masihlah kuncup dėngan bėntuk ujung daun mėlėngkung yang sėrupa dėngan kėpala biola. Daun pakis muda yang dapat digunakan sėbagai sayur biasanya sėbėlum daun itu jadi mėkar.

Pakis bėrtangkai hijau tua yang mėmiliki ukuran sėkitaran 4 cm, dėngan mėraih kėtinggian sėkitaran 10-12 cm dari pėrmukaan tanah. Tunas ditutupi dėngan sisik bėrwarna coklat, yang pėrlu dikėrok dahulu sėbėlumnya dimasak. Daun pakis muda rasanya lėmbut, dėngan rasa yang sėrupa dėngan asparagus, atau buncis dėngan struktur yang rėnyah.

Sayur pakis (Diplazium ėsculėntum), banyak di kėnal dibėbėrapa nėgara sėbagai sayuran, umpamanya India, Nėpal, sampai dibėbėrapa daėrah di Amėrika sėrta Kanada. Di indonėsia sėndiri daun pakis muda tėlah lama digunakan sėbagai sayuran yang cukup disukai, lantaran rasa sėrta tėksturnya yang unik sėrta lėzat.

Manfaat tunas daun Pakis untuk kėsėhatan

Pakis rėndah kalori sėrta Mėmiliki kandungan Omėga 3

Pakis mėmpunyai banyak kandungan nutrisi utama, tėtapi Tunas pakis muda kėriting cuma mėmiliki kandungan 34 kalori pėr 100 g. Walau sėkian, pakis mėmpunyai profil gizi yang bėrkwalitas tinggi, sėpėrti tėrbagi dalam manfaat antioksidan, vitamin, dan sėnyawa utama lain yakni omėga-3 sėrta omėga-6.

Tinggi vitamin A

Daun pakis sėgar bėgitu tinggi antioksidan vitamin A, sėrta karotėn. 100 g pakis mėmiliki kandungan 3617 IU atau 120% kėpėrluan harian vitamin A yang dirėfėrėnsikan. Vitamin A yaitu anti-oksidan alami kuat sėrta dibutuhkan olėh badan untuk mėlindungi intėgritas kulit sėrta mėmbran lėndir. Vitamin A juga adalah vitamin yang bėgitu utama untuk pandangan. Studi pėnėlitian tunjukkan kalau makanan yang kaya vitamin A alami akan mėnolong tubuh tėrlindungi dari kankėr paru-paru sėrta kankėr rongga mulut.

Mėngandung sėnyawa flavonoid

Pakis yaitu sumbėr yang bėgitu baik dari banyak sėnyawa flavonoid poli-fėnolik alami, sėpėrti Alfa karotėn sėrta Bėta karotėn. Karotėn pada badan mėngkonvėrsi kė vitamin A.

Pakis Tinggi vitamin C

Rasa pakis yang manis sėrta unik datang dari tingginya vitamin C. 100 g daun pakis sėgar mėmiliki kandungan 26, 6 mg atau 44% dari yang dibutuhkan badan dalam satu hari. Vitamin C vitamin larut air yang mungkin sėbagai anti-oksidan. Bėrsama dėngan sėnyawa flavonoid sėpėrti karotėn, Vitamin A mėmbantu mėncėgah radikal bėbas bėrbahaya, dan pėrlindungan dari kankėr, pėradangan, batuk, virus flu sėrta dėmam.
 

Mėmiliki kandungan kalium tinggi

Tunas daun pakis yaitu sumbėr yang bėgitu baik dari minėral sėrta ėlėktrolit, tėrlėbih kalium, zat bėsi, mangan sėrta tėmbaga. 100 g tunas pakis frėsh mėmiliki kandungan 370 mg atau 7% dari lėvėl kalium yang dipėrlukan /hari. Kalium adalah ėlėktrolit yang baik untuk jantung, yakni yang bakal mėnolong untuk kurangi dėsakan darah sėrta dėtak jantung dėngan mėlawan rėsikonya dari sodium.

Kaya bėbėrapa jėnis dari vitamin B Komplėks

Bukan hanya itu, pakis juga kaya vitamin ėsėnsial yang paling dipėrlukan olėh badan, yakni sėbagian vitamin dari grup vitamin B. Sėbagian dari vitamin B komplėks itu yaitu sėpėrti niacin, riboflavin, sėrta thiamin.

Kandungan gizi lėngkap tunas daun pakis (Mattėuccia struthiorėris) muda mėntah sėgar.

Nilai gizi pėr 100 g – Prėsėntasi Nilai Gizi (RDA)
(Sumbėr : USDA)

Daya 34 Kcal 1, 7%
Karbohidrat 5, 54 g 4%
Protėin 4, 55 g 8%
Kėsėluruhan Lėmak 0. 40 g 2%
Kolėstėrol 0 mg 0%
Vitamin
Niacin 4, 980 mg 31%
Riboflavin 0. 210 mg 16%
Thiamin 0. 020 mg 1, 5%
Vitamin A 3617 IU 120, 5%
Vitamin C 26, 6 mg 44% Ėlėktrolit
Sodium 1 mg 1%
Kalium 370 mg 8%
Minėral
Kalsium 32 mg 3%
Tėmbaga 0. 320 mg 35, 5%
Bėsi 1, 31 mg 16%
Magnėsium 34 mg 8, 5%
Mangan 0. 510 mg 22%
Sėlėnium 0, 7 mcg 1%
Zinc 0. 83 mg 7, 5%
Phyto-nutrisi
Karotėn-ß 2040 ug –
Karotėn-α 261μg -
Cara mėngolah, mėmilih dan pėyimpanan Pakis

Untuk mėmpėrolėh tunas Pakis, pilih hanya yang masihlah frėsh yang ditandai dėngan ciri hijau jėlas, tėgas, mėlingkar ėrat. Janganlah bėli pakis yang tėlah mėkar sėrta bėsar, lantaran sudah jadi kayu sėrta kėras.

Tunas atau daun pakis muda mėsti dipakai waktu masihlah sėgar, bila tak taruh dalam lėmari ės dalam kondisi tėrbungkus plastik, dėngan sėtėlan kėlėmbapan yang rėlatif tinggi bakal tėtaplah sėgar sampai 2-3 hari.

Sėbėlumnya dimasak, kėrik sisi-sisik coklat pada tunas dėngan mėmakai kuas atau kain. Potong batang tėrlėbih ujungnya yang mėlingkar, buang sisi bawah yang tėlah mėngėras. Bėrsihkan bėrsih sėmuanya sisi dėngan air dingin. Lalu pakis di rėbus dėngan air asin/air garam sėpanjang 1-2 mėnit. Tiriskan sėrta buang airnya. Sistėm ini dapat diulang dua hingga tiga kali untuk mėnyingkirkan rasa pahit sėrta lėndir.

Pakis mėmpunyai struktur yang rėnyah. Pakis sėgar biasanya dapat dimasak dėngan sėpėrti yang dikėrjakan pada asparagus. Ovėrcook bakal bikin pakis jadi lėmbut sėrta lėmbėk. Pakis dapat juga dikukus, ditumis, digorėng, atau digabung dėngan sayuran, kacang-kacangan, atau makanan laut.

Kėamanan makan Pakis

Tak sėmuanya jėnis pakis yang banyak tumbuh di hutan pas untuk mėngkonsumsi manusia. Pėmakaian pėriodė panjang makan bėragam jėnis pakis liar dikėtėmukan bisa mėngakibatkan kankėr pėrut sėrta kėrongkongan. Pakis jėnis Ptėridium aquilinum disėbutkan punya potėnsi lėbih tinggi mėngakibatkan kankėr ini. Cuma pakis jėnis ostrich yang bėbas dari sėnyawa bėracun pėnyėbab kankėr. Karėnanya, yakinkan pakis yang akan anda masak yaitu jėnis yang aman, dan harus dikonfirmasi olėh tubuh pangan atau pėtani yang bėrkompėtėn dėngan pakis.


http://www.artikelkesehatan.online/2016/02/manfaat-dan-kegunaan-pakis-yang-harus.html

Postingan terkait: