" Bahaya" Mengompres si Kecil dengan air dingin maupun alkohol 70 persen ketika demam

" Bahaya" Mengompres si Kecil dengan air dingin maupun alkohol 70 persen ketika  demam - Karena dua cara itu akan berisiko bagi si Kecil bila masih tetap diterapkan.

Cukup dengan mengompres si kecil dengan air hangat, maka hal itu dapat mengembalikan keceriaannya seperti biasa. Koordinator Instalasi Gawat Darurat Brawijaya Children and Women Hospital, dr Dita Elvina menjelaskan bahwa air dingin akan mengecilkan pembuluh darah di kulit si Kecil, yang nantinyaakan menghambat proses evaporasi didalam tubuh.



Sedangkan saat menggunaka alkohol 70 persen, maka akan ditakutkan terjadi inhalasi, di mana si Kecil nantinya menghirup aroma alkohol tersebut. Akibatnya, si kecil nanti jadi lemas, dan paling parah bisa terjadi hipoglikemia.

"Sementara dengan menggunakan air hangat maka akan membuat pembuluh darah anak menjadi melebar, sehingga panas dari dalam tubuh akan menguap dengan sendrirnya," kata dr Dita dalam diskusi media bersama Hansaplast Indonesia, ditulis Minggu (1511/2015). Caranya, kompres di lipatan ketiak si kecil dan jugs pada selangkangan, dan lap juga punggung si kecil dengan menggunakan kain yang telah dicelupkan sebelumnya ke air hangat.

semoga bermanfaat...

Postingan terkait: