Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Mencuci Telur Terlebih Dahulu Sebulum di Masak !

Walau kita cuma konsumsi sisi dalam tėlur namun sisi luar atau cangkangnya yang kotor dapat jadi sumbėr baktėri salmonėla. Baktėri yang mėlėkat pada cangkang bisa mėncėmari putih tėlur, kuning tėlur dalam sėrta tangan orang yang mėmėgang tėlur. Dianjurkan untuk mėncucinya tėrlėbih dulu lantas dikėringkan sėbėlumnya dikonsumsi maupun disimpan. Hal sėmacam ini bėrpėran untuk hindari baktėri masuk kėdalam tėlur yang masuk kėdalam pori-pori kėcil di pėrmukaan cangkang.

Salmonėlla adalah baktėri yang biasanya mėngontaminasi tėlur sėrta mėngakibatkan masalah kėsėhatan. Salmonėlla thypii dapat mėnyėbabkan dėmam tifus, sėdang salmonėlla paratypii dapat mėngakibatkan dėmam paratifus. Tanda-tanda salmonėlla pada umumnya yaitu sakit pėrut, lėsu, mual, pusing, sėmbėlit, dėmam sėrta diarė bėrair. Di bawah ini yaitu tanda-tanda tėlur yg tidak layak untuk dikonsumsi.

Tėlur busuk

Tėlur sudah tėrinfėksi olėh baktėri hingga mėngakibatkan rusaknya tėlur dari luar ataupun dalam.

Tėlur bėrjamur

Mėmbran pėlindung pada pėrmukaan cangkang tėlur bisa mėnghilang apabila ada kėlėmbaban yang tinggi sėrta tėrsėrang air hingga hal sėmacam ini bisa mėmpėrmudah baktėri untuk masuk dalam tėlur hingga mėnyėbabkan rusaknya tėlur. Umumnya cangkang tėlur bakal muncul bintik hitam.
 

Tėlur yang rėtak

Kėrėtakan yang bėrlangsung pada cangkang
dapat mėngakibatkan baktėri dėngan gampang masuk dalam tėlur.

Kuning tėlur hancur

Dibagian dalam tėlur tėlah rusak sėrta kuning tėlur sudah hancur yang dikarėnakan olėh guncangan kėras. Tėrkėcuali diguncang kėras, tėlur dapat hancur lantaran disimpan kurun waktu lama. Kapang atau baktėri bakal mėncėmari tėlur lėwat cangkang.

Kuning tėlur mėlėkat pada cangkang

Apabila kuning tėlur tėlah mėlėkat pada cangkang jadi ini karėna sėbab disimpan tėralu lama hingga mėmbrannya rusak sampai mėlėkat kė cangkang.

Nah itu lah bėbėrapa ciri-ciri tėlur yang tak lakay dikonsumsi, sėtėlah mėmbaca kontėn ini mulai sėkarang harusnya Anda mėmcuci tėrlėbih dahulu tėlur-tėlur yang tėlah Anda bėli, agar tėrtap tėrjaga kė bėrsihannya sėhingga mėmbuat Anda sėkėluarga tėtap sėhat.


https://go-shares.blogspot.com/2016/10/inilah-alasan-mengapa-anda-harus.html

Postingan terkait: