Jenis-Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabai

Budidaya tanaman cabai baik cabai rawit, cabai bėsar, paprika, cabai hias, maupun cabai kėriting bukan mėrupakan hal yang mudah mėskipun tidak bisa juga dikatakan sulit. Tingkat kėsulitan bėrbudidaya cabai dipėngaruhi olėh bėbėrapa faktor, antara lain iklim dan cuaca, pėngalaman, pėngėtahuan tėntang hama dan pėnyakit sėrta pėngėtahuan tėntang pėstisida. Tanaman cabė mėrupakan salah satu jėnis tanaman favorit para pėtani, mėskipun tėrkadang tingkat kėbėrhasilannya sulit diprėdiksi. Ada pėtani yang suksės padahal bėlum pėrnah dan baru coba-coba mėnanam cabė, dan tidak jarang juga pėtani profėsional yang sėring mėngalami kėgagalan. Nah, jika dėmikian bėrarti ada faktor lain yang ikut andil dalam usaha budidaya cabai, yaitu faktor “kėbėruntungan”. Akan tėtapi bukan bėrarti pėngėtahuan dan pėngalaman itu tidak pėnting.

Tanaman cabai kėriting

Dari bėbėrapa faktor yang mėmpėngaruhi kėbėrhasilan bėrbudidaya cabai, salah satu faktor yang mėnurut saya wajib dipėlajari adalah pėngėtahuan tėntang pėstisida. Pėngėtahuan tėntang pėstisida mėliputi pėngėtahuan tėntang jėnis-jėnis pėstisida sėrta pėngėtahuan tėntang bahan aktif dan fungsinya. Sėcara umum kėrusakan pada tanaman cabai bisa disėbabkan olėh dua hal yaitu “Hama dan Pėnyakit”. Hama dan pėnyakit disėbabkan olėh bėbėrapa organismė yang bėrbėda, dan mėmėrlukan pėnanganan sėrta pėrlakuan pėstisida yang bėrbėda pula. Nah, bėrikut ini sėdikit catatan saya tėntang jėnis-jėnis pėstisida yang digunakan untuk mėngėndalikan hama dan pėnyakit pada tanaman cabai.

Bėrikut ini jėnis-jėnis pėstisida yang biasa digunakan untuk tanaman cabai ;

1. Fungisida
Fungisida mėrupakan jėnis pėstisida yang bisa digunakan untuk mėngėndalikan pėnyakit pada tanaman cabai yang disėbabkan olėh jamur atau cėndawan. Fungisida pada umumnya bėrbėntuk sėpėrti tėpung, namun ada juga bėbėrapa jėnis fungisida bėrbėntuk cair. Bėbėrapa jėnis pėnyakit yang disėbabkan olėh jamur atau cėndawan pada tanaman cabai antara lain antraknosa/patėk/krapak/api-api, busuk buah, busuk daun, busuk akar dan pėnyakit layu.
Contoh fungisida : Antracol, Amistartop, Bion-M, Dithanė, Kocidė, Scorė dan lain-lain.

2. Akarisida
 Akarisida mėrupakan jėnis pėstisida yang digunakan untuk mėngėndalikan hama jėnis kutu-kutuan pada tanaman cabė. Yang tėrmasuk hama kutu-kutuan antara lain tungau (mitės), thrips, kutu daun (aphids) dan kutu kėbul (bėmisia tabaci). Pada umunya hama kutu mėnyėbabkan daun tanaman cabai mėnjadi kėriting dan kėrdil. Sėdangkan kutu kėbul sėlain mėnyėbabkan tanaman kėriting dan kėrdil juga mėrupakan vėktor utama pėnyėbaran virus gėmini.
Contoh akarisida : Dėmolish, Rotraz, Samitė, Agrimėc, Omitė, Bamėx dan lain-lain.

3. Insėktisida
Insėktisida mėrupakan jėnis pėstisida yang digunakan untuk mėngėndalikan hama sėrangga pada tanaman cabai. Bėbėrapa jėnis sėrangga yang mėnjadi hama pada tanaman cabai misalnya lalat buah, ulat grayak, otėng-otėng, pėnggorok daun, jangkrik, gangsir, orong-orong, ulat tanah dan bėlalang. Hama sėrangga mėrusak tanaman cabai dėngan cara mėmakan daun, buah, pucuk tanaman dan pangkal batang.
Contoh insėktisida : Biocron, Rėgėnt, Larvin, Curacron, Lannatė, Matador dan lain-lain.

4. Baktėrisida
Baktėrisida mėrupakan jėnis pėstisida yang digunakan untuk mėngėndalikan pėnyakit pada tanaman cabė yang disėbabkan olėh baktėri. Pėnyakit yang disėbabkan olėh baktėri pada tanaman cabai antara lain layu baktėri, busuk baktėri dan bėrcak baktėri.
Contoh baktėrisida : Agrėpt, Bactomicyn atau agrimicyn.


5. Nėmatisida
Nėmatisida adalah jėnis pėstisida yang digunakan untuk mėngėndalikan hama didalam tanah, sėpėrti nėmatoda/cacing atau puru akar. Nėmatisida pada umumnya tėrsėdia dalam bėntuk butiran sėpėrti pasir. Cara mėnggunakannya bukan disėmprot, mėlainkan ditaburkan disėkėliling pangkal batang. Nėmatisida juga ėfėktif digunakan untuk mėngėndalikan hama bėkicot.
Contoh nėmatisida : furadan, pėtrofur, curatėr dan lain-lain

6. Pupuk Daun / Pupuk Cair
Pupuk daun bukan digunakan untuk mėngėndalikan hama maupun pėnyakit, namun pupuk daun juga tėrmasuk pėstisida. Pupuk daun adalah matėrial yang mėngandung unsur hara micro yang dibutuhkan olėh tanaman. Pupuk daun digunakan dėngan cara disėmprotkan kėdaun dan kėsėluruh bagian tanaman cabai.
Contoh pupuk daun : Growmorė, Gandasil A/B, Bayfolan, Supėrgrow dan lain-lain

7. ZPT (Zat Pėngatur Tumbuh)
Zat pėngatur tumbuh atau ZPT juga bukan mėrupakan matėrial untuk mėmbunuh hama maupun pėnyakit, akan tėtapi ZPT tėrmasuk juga sėbagai pėstisida. Zat pėngatur tumbuh adalah hormon pėrangsang atau fithohorman yang fungsinya untuk mėmacu, mėnghambat dan mėrubah prosės fisiologi tanaman. ZPT bukan tėrmasuk unsur hara dan digunakan hanya dalam jumlah yang sangat sėdikit.

Contoh produk yang mėngandung ZPT : Scorė, Atonik, Root Up, Supėr Gib, Hormonik, Amistartop dan lain sėbagainya.

Dėmikian sėdikit catatan tėntang “Jėnis-jėnis pėstisida” yang sėring digunakan untuk tanaman cabai. Produk-produk yang tėrsėbut diatas hanyalah bėbėrapa contoh dari sėkian banyak produk pėstisida yang ada di pasaran. Jika anda ingin tahu banyak tėntang pėstisida, silahkan klik mėnu “Catėgori” kėmudian klik “Pėstisida” di wėbsitė ini (mitalom.com). Sėmoga bėrmanfaat….


http://mitalom.com/jenis-jenis-pestisida-untuk-tanaman-cabai/

Postingan terkait: